Masjid Al-Khaif Mina Bangunan Yang Serderhana Tapi Istimewa Pada Massanya

Masjid Al-Khaif Mina

SANTRIWEB – Masjid Al-Khaif Mina atau Masjid 70 Nabi adalah salah satu masjid bersejarah yang terletak di Tanah Suci, tepatnya di Mina, Mekkah. Masjid ini memiliki nama lain, yaitu Masjid Al-Muaisyumah, yang diambil dari nama sebuah pohon yang tumbuh di tempat tersebut.

Masjid Al-Khaif memiliki sejarah yang panjang. Menurut sebuah hadis, masjid ini pernah menjadi tempat sholat 70 nabi, termasuk Nabi Adam, Nabi Ibrahim, dan Nabi Muhammad SAW. Kisah tersebut menjadi salah satu alasan mengapa masjid ini disebut sebagai Masjid 70 Nabi.

Bacaan Lainnya

Masjid Al-Khaif dibangun pada masa Nabi Muhammad SAW. Pada awalnya, masjid ini hanya berupa bangunan sederhana yang terbuat dari batu dan tanah. Namun, seiring berjalannya waktu, masjid ini terus mengalami perkembangan dan perluasan.

Pada tahun 1986, Masjid Al-Khaif direnovasi secara besar-besaran. Renovasi ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas masjid dan memberikan kenyamanan bagi para jamaah. Kini, Masjid Al-Khaif memiliki luas sekitar 10.000 meter persegi dan dapat menampung hingga 100.000 jamaah.

Masjid Al-Khaif memiliki arsitektur yang indah dan megah. Masjid ini didominasi oleh warna merah yang mencolok. Di bagian depan masjid terdapat sebuah menara yang menjulang tinggi.

Masjid Al-Khaif merupakan salah satu destinasi wisata religi yang populer di Tanah Suci. Para jamaah haji dan umroh biasanya menyempatkan diri untuk mengunjungi masjid ini.

  • Lokasi dan Akses

Masjid Al-Khaif terletak di kaki bukit sebelah selatan di Mina, Mekkah. Masjid ini tidak jauh dari tempat Jumrah Ula.

Untuk menuju ke Masjid Al-Khaif, para jamaah dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, para jamaah dapat mengikuti jalan menuju ke Mina. Jika menggunakan kendaraan umum, para jamaah dapat naik bus dari Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

  • Waktu Kunjungan

Masjid Al-Khaif hanya dibuka untuk umum selama 30 hari setiap tahunnya, yakni pada bulan Dzulhijjah atau sekitar musim haji.

Pada hari-hari biasa, masjid ini digunakan oleh para petugas keamanan untuk melakukan patroli.

  • Kegiatan Ibadah

Masjid Al-Khaif merupakan tempat ibadah yang ramai dikunjungi oleh para jamaah. Selain untuk sholat, masjid ini juga digunakan untuk berdoa dan berzikir.

Pada bulan Dzulhijjah, Masjid Al-Khaif menjadi salah satu lokasi yang ramai dikunjungi oleh para jamaah haji dan umroh. Para jamaah biasanya menyempatkan diri untuk sholat berjamaah di masjid ini.

Masjid Al-Khaif merupakan salah satu masjid bersejarah yang memiliki nilai spiritual yang tinggi. Masjid ini menjadi saksi bisu perjalanan para nabi dan rasul dalam menyebarkan ajaran Islam.

Author Profile

irfan sembiring
irfan sembiring
Penulis dan jurnalis muda asal Kutalim Baru – Sumatera Utara. Memulai karier sebagai jurnalis di Media Cetak Warta Indonesia pada tahun 2022

Pos terkait