Cara Ampuh Mengatasi Sulit Tidur Malam Hari Tanpa Harus Konsumsi Obat

cara ampuh mengatasi sulit tidur malam hari tanpa harus konsumsi obat
cara ampuh mengatasi sulit tidur malam hari tanpa harus konsumsi obat

Santri.web.id – Kesulitan tidur merupakan permasalahan yang umum dialami masyarakat milenial saat ini, oleh karena itu hari ini saya akan membahas tentang Cara Ampuh Mengatasi Sulit Tidur Malam Hari Tanpa Harus Konsumsi Obat.

Untuk menjaga kesehatan meski termasuk permasalahan yang umum dialami manusia, kesulitan tidur merupakan gangguan yang bisa berdampak pada aktivitas penderita keesokan harinya.

Sebab setiap Gejala sulit tidur atau insomnia biasanya digambarkan pada kondisi seseorang yang sangat lelah dan telah dapat membayangkan tidur nyenyak, tapi hilang rasa kantuknya begitu badan sampai di kasur.

Sebenarnya tips atau cara ampuh mengatasi sulit tidur malam hari tanpa harus konsumsi obat – obatan ini sudah banyak dibahas diberbagai blog atau sosial media, namun tidak ada salahnya disini santri.web.id memberikan beberapa kalimat yang mungkin ada manfaatnya, baca dengan teliti agar bisa anda fahami secara menyeluruh.

Cara Ampuh Mengatasi Sulit Tidur Malam Hari Tanpa Harus Konsumsi Obat

Melansir Buku Seri Kesehatan Umum: Pencegahan Dini Gangguan Kesehatan (2005) oleh Dr. dr. Anies M.Kes PKK, ada kecenderungan pada sebagian penderita insomnia atau kesulitan tidur yang membiasakan minum obat-obatan yang mempunyai efek menidurkan.

Kadang-kadang karena begitu kuat pengaruh psikis obat tersebut, seseorang akhirnya tidak bisa tidur tanpa minum obat lebih dulu.

Kondisi ini rawan akan berlanjut menjadi ketergantungan pada obat. dr. Anies memberikan tips beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan tidur tanpa menggunakan obat-obatan, melainkan hanya dengan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri.

Berikut langkah mengatasi sulit tidur tanpa bantuan obat-obatan.

1. Tentukan waktu tidur secara teratur

  1. Pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan waktu tidur dan bangun secara teratur.
  2. Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat tubuh dalam kondisi siaga, akibatnya, tubuh selalu dalam keadaan tegang.
  3. Apabila sudah ditentukan saat tidur dan bangun, seyogianya dipatuhi.

2. Tidak dianjurkan tidur siang

  1. Apabila seseorang termasuk sulit tidur, tidak dianjurkan untuk tidur pada siang hari.
  2. Tidur siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur pada malam hari, akibatnya, pada malam hari menjadi sulit tidur atau sering terjaga.

3. Bijak manfaatkan kasur

  • Tempat tidur atau kasur seyogianya digunakan untuk tidur, bukan untuk kegiatan lain seperti menonton TV, menulis surat dan sebagainya.

4. Hindari penggunaan HP

  • Jangan menggunakan peralatan elektronik serta ponsel menjelang tidur.

5. Olahraga pada sore hari

  • Latihan olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur.
  • Lakukan olahraga pada sore hari atau setelah matahari terbenam, tetapi 2-3 jam sebelum waktu tidur yang telah ditentukan harus telah selesai berolahraga.
  • Latihan olahraga mendekati waktu tidur justru akan mengganggu tidur malam hari.

6. Hindari makanan dan minuman tertentu

  1. Makan makanan kecil yang manis sebaiknya dihindari sebelum berangkat tidur.
  2. Demikian juga minuman yang mengandung alkohol, the serta kopi harus dihindari, terutama sore hari.

7. Mandi air hangat

Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padakan lampu penerangan di kamar.

Demikian tips Ampuh Mengatasi Sulit Tidur Malam Hari Tanpa Harus Konsumsi obat-obatan.

Pos terkait