Beasiswa Untuk Santri Berprestasi

Beasiswa Untuk Santri Berprestasi
Beasiswa Untuk Santri Berprestasi

Seleksi Program Beasiswa Untuk Santri Berprestasi (PBSB) akan di gelar pada 12 Mei 2022. Pendaftaran program ini masih di buka hingga 15 April 2022.

Bersamaan itu, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag menyusun kisi-kisi soal seleksi.

Bacaan Lainnya

Kisi-kisi soal seleksi PBSB tahun 2022 ini di susun dan di bahas bersama dengan utusan perguruan tinggi mitra (PTM) PBSB serta praktisi kepesantrenan.

Beasiswa Untuk Santri Berprestasi

Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghofur berpesan agar rumusan materi seleksi yang di susun dapat menjadi instrumen yang tepat dalam menjaring santri-santri terbaik sesuai dengan ‘passionnya’.

“Saya percaya santri-santri yang mendaftar itu punya kemampuan yang baik, hanya karena kuota yang terbatas maka kemudian harus ada seleksi,

selain juga yang lebih penting adalah mengungkap kecenderungan dan potensi santri tersebut,” ujar Waryono

saat membuka Rapat Penyusunan, Penyelarasan, dan Penentuan Kisi-kisi Soal Seleksi PBSB Tahun 2022, di Bandung, Jumat (25/3/2022).

Santri Berprestasi

Menurut Waryono, calon mahasantri penerima beasiswa merupakan aset bangsa yang di harapkan mengisi ruang-ruang strategis di masa depan.

Oleh karenanya, di perlukan sebuah rekayasa untuk mengembangkan potensi yang di miliki setiap santri dan itu di awali dengan menempatkan mereka pada arah yang tepat.

“Ini bagian dari ikhtiar kita untuk mendapatkan calon pemimpin bangsa yang memang sejak awal di proses dengan baik.

Sehingga 15 tahun ke depan anak-anak ini akan siap memberikan kontribusinya untuk negara dan menjawab kebutuhan masyarakat,” ujar Waryono.

Lebih jauh, Waryono berpesan, seleksi PBSB harus bisa memastikan santri yang terekrut adalah santri yang memiliki komitmen kebangsaan yang kuat dan memiliki pemahaman keagamaan yang moderat.

Bagaimanapun, pada akhirnya santri-santri di harapan terlibat dalam membangun kehidupan moderasi beragama di kampus tempat mereka menimba ilmu.

Kasubdit Pendidikan Pesantren Basnang Said menambahkan, rapat penyusunan kisi-kisi soal PBSB merupakan optimalisasi materi seleksi kepesantrenan, keagamaan, potensi akademik, dan wawasan kebangsaan.

Kisi-kisi soal di susun dalam rangka mendapatkan mahasantri yang cakap, menguasai dasar keilmuan keislaman, serta moderat.

“Hasil dari kegiatan ini adalah set naskah soal seleksi calon peserta PBSB

dalam rangka menjaring santri-santri terbaik untuk 600 kuota beasiswa tahun ini,” ujar Basnang Said.

Di katakan Basnang Said, seleksi PBSB 2022 akan di lakukan secara daring dengan beberapa tahap seleksi.

Tahap pertama berupa tes berbasis elektronik yang akan di laksanakan pada 12 Mei.

Selanjutnya seleksi tahap kedua, berupa tes lisan dan wawancara yang juga di laksanakan secara daring, 24 – 27 Mei 2022.

Rekrutmen Mahasantri PBSB

Rekrutmen Mahasantri PBSB di buka sejak tanggal 15 Maret 2022.

Bagi santri yang berminat masih memiliki kesempatan untuk mendaftar sampai tanggal 15 April 2022 mendatang.

Pos terkait