8 Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Rajab, Mendapat Minuman dari Sungai Rajab!

Keutamaan Puasa Rajab

Bulan Rajab, salah satu bulan suci dalam Islam, dipenuhi dengan berkah dan anjuran untuk memperbanyak amalan kebaikan. Di samping amalan lainnya, puasa sunnah di bulan Rajab dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan memiliki keutamaan yang luar biasa.

Berikut 8 keutamaan puasa sunnah di bulan Rajab:

Bacaan Lainnya

1. Pahala Setara Ibadah 30 Hari
Hadis dari Imam Ahmad dan At-Tirmidzi menyebutkan, siapa yang berpuasa satu hari di bulan Rajab, mendapat pahala setara berpuasa 30 hari di bulan selainnya. Masya Allah, bayangkan ganjaran besar dari amal yang tampak sederhana!

2. Pahala Sebesar Ibadah 900 Tahun
Hadis lain yang diriwayatkan Imam At-Thabrani menyatakan, siapa yang berpuasa tiga hari dalam bulan Rajab, mendapat pahala sebesar ibadah 900 tahun! Berarti, meski kita belum sampai seribu tahun hidup di dunia, pahala puasa Rajab bisa melampauinya.

3. Pintu Neraka Tertutup
Puasa tujuh hari di bulan Rajab diibaratkan sebagai menutup pintu neraka bagi pelakunya. Hadis Ibnu Majah menyebutkan, “Barang siapa berpuasa tujuh hari pada bulan Rajab, maka Allah SWT akan menutup tujuh pintu neraka baginya.” Sungguh, berkah yang menenangkan hati.

4. Pintu Surga Terbuk
 Sebaliknya, Hadis At-Thabrani menjelaskan keutamaan puasa delapan hari di bulan Rajab, yaitu dibukakan untuknya delapan pintu surga. Bayangkan, kesempatan seluas-luasnya untuk masuk ke tempat terindah abadi!

5. Dimudahkan Segala Urusan
Hadis At-Thabrani juga menyebutkan, jika seseorang berpuasa sepuluh hari di bulan Rajab, maka Allah SWT akan mengabulkan segala permintaannya. Perkara hati dan doa tak pernah sia-sia, apalagi di bulan penuh berkah.

6. Pahala Setara 60 Bulan
Keutamaan lainnya, seperti disebutkan dalam Hadis At-Thabrani, adalah dilipatgandaannya pahala puasa Rajab. Puasa sepuluh hari di bulan Rajab disamakan dengan pahala puasa selama 60 bulan atau lima tahun!

7. Mendapat Minuman dari Sungai Rajab
Di surga, terdapat sungai Rajab dengan air yang jernih dan manis. Hadis Al-Bazzar menjelaskan, siapa yang berpuasa sehari di bulan Rajab, Allah akan memberinya minum dari sungai tersebut.

8. Mendapat Rahmat dan Ampunan
Selain keutamaan yang dijabarkan, bulan Rajab adalah bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. Puasa sunnah di bulan ini menjadi sarana mendekatkan diri, memohon ampunan, dan menambah ketaqwaan kita kepada Allah.

Dengan mengingat keutamaan-keutamaan tersebut, marilah kita perbanyak puasa sunnah di bulan Rajab. Setiap hari tambahan puasa, setiap lembar pahala yang terkumpul, semoga menjadikan kita insan yang lebih dekat dengan Allah dan meraih keberkahan di dunia dan akhirat.

Tips Puasa di Bulan Rajab

  • Pastikan niat puasa sebelum Subuh.
  • Jaga keikhlasan dan kesempurnaan ibadah.
  • Perbanyak ibadah lain seperti shalat sunnah, membaca Al-Quran, dan berbuat kebaikan.
  • Mohonlah ampunan dan limpahan rahmat dari Allah SWT.

Semoga bulan Rajab menjadi momen istimewa untuk meningkatkan keimanan dan menebar kebaikan untuk diri sendiri dan sesama.

Pos terkait