10 Kebiasaan Santri Sebelum Berangkat Ngaji, Meminta Doa restu orang tua

Kebiasaan Santri Sebelum Berangkat Ngaji

Santri merupakan sebutan bagi seseorang yang mendalami ilmu agama Islam. Mereka biasanya tinggal di pondok pesantren untuk belajar ilmu agama secara mendalam, baik itu ilmu fikih, tauhid, tafsir, hadits, dan sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari, santri memiliki banyak kebiasaan yang unik dan menarik. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh santri adalah mempersiapkan diri sebelum berangkat ngaji.

Bacaan Lainnya

Berikut ini adalah 10 kebiasaan santri sebelum berangkat ngaji:

  1. Membaca Al-Qur’an

Kebiasaan pertama yang sering dilakukan oleh santri sebelum berangkat ngaji adalah membaca Al-Qur’an. Santri akan meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an, baik itu secara sendirian maupun bersama-sama.

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Membaca Al-Qur’an dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran, serta meningkatkan ilmu pengetahuan.

  1. Mencuci muka dan tangan

Sebelum berangkat ngaji, santri juga akan mencuci muka dan tangan mereka dengan bersih. Hal ini dilakukan untuk membersihkan diri dari kotoran dan najis, serta untuk menjaga kebersihan diri.

Mencuci muka dan tangan juga merupakan salah satu syarat sah untuk melaksanakan ibadah, seperti shalat dan wudhu.

  1. Memakai pakaian yang rapi

Santri akan memakai pakaian yang rapi dan sopan sebelum berangkat ngaji. Hal ini dilakukan untuk menghormati guru dan menghormati tempat belajar.

Pakaian yang rapi dan sopan juga dapat memberikan rasa percaya diri dan semangat belajar.

  1. Mencium tangan guru

Sebelum memulai pelajaran, santri akan mencium tangan guru mereka. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada guru.

Mencium tangan guru merupakan salah satu bentuk adab dalam Islam. Hal ini juga dapat menunjukkan rasa cinta dan hormat santri kepada gurunya.

  1. Mendengarkan nasihat guru

Santri akan mendengarkan nasihat dari guru mereka sebelum memulai pelajaran. Nasihat guru biasanya berisi tentang ilmu agama, akhlak, dan kehidupan sehari-hari.

Mendengarkan nasihat guru merupakan salah satu cara untuk menambah ilmu pengetahuan dan memperbaiki akhlak.

  1. Mempersiapkan alat tulis

Santri akan mempersiapkan alat tulis yang diperlukan sebelum memulai pelajaran. Hal ini dilakukan agar mereka dapat mengikuti pelajaran dengan baik.

Alat tulis yang biasanya disiapkan oleh santri adalah buku catatan, pensil, pulpen, dan penghapus.

  1. Meminta doa restu orang tua

Santri akan meminta doa restu orang tua mereka sebelum berangkat ngaji. Hal ini dilakukan untuk memohon perlindungan dari Allah SWT dan untuk mendapatkan keberkahan dalam belajar.

Doa restu orang tua merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seorang santri. Doa restu orang tua dapat memberikan kemudahan dan kelancaran dalam belajar.

  1. Berdoa

Santri akan berdoa sebelum memulai pelajaran. Doa ini biasanya berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam belajar dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Berdoa sebelum belajar merupakan salah satu cara untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT. Doa juga dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran dalam belajar.

  1. Bersungguh-sungguh dalam belajar

Santri akan bersungguh-sungguh dalam belajar. Mereka akan berusaha untuk memahami materi pelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bersungguh-sungguh dalam belajar merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

  1. Bersyukur atas ilmu yang didapatkan

Santri akan bersyukur atas ilmu yang telah didapatkan. Mereka akan berusaha untuk mengamalkan ilmu tersebut dan membagikannya kepada orang lain.

Bersyukur atas ilmu yang didapatkan merupakan salah satu bentuk keimanan kepada Allah SWT. Hal ini juga dapat mendorong santri untuk terus belajar dan meningkatkan ilmu pengetahuan.

Demikianlah 10 kebiasaan santri sebelum berangkat ngaji. Kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu mempersiapkan diri sebelum melakukan sesuatu.

Pos terkait