Upaya Menko PMK: Program Mudik Gratis Berlaku Untuk Pemotor?

Program Mudik Gratis Berlaku Untuk Pemotor

SANTRI, Jakarta – Muhadjir Effendy Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mendorong program mudik gratis berlaku untuk pemotor dalam akomodasi. Hal ini disampaikannya dalam konferensi pers di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (18/3/24).

Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan pemerintah daripada menggunakan sepeda motor. Hal ini disampaikannya dalam konferensi pers di Kantor Kemenko PMK.

Bacaan Lainnya

Yang (pemudik) roda dua kita imbau untuk tidak (menggunakan kendaraan roda dua), lebih baik ikut mudik gratis. Toh, kita siapkan juga untuk mengangkut kendaraan roda duanya,” kata Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan bahwa mudik gratis lebih baik karena bakal mengurangi beban lalu lintas serta risiko kecelakaan. Untuk itu, program mudik gratis juga diarahkan untuk turut mengangkut kendaraan para pemudik.

Kita upayakan nanti mereka yang berkendaraan roda dua itu kita siapkan sendiri kendaraan pengangkutnya termasuk yang akan mudik melalui kapal laut. Jadi untuk mudik kapal laut itu roda dua bisa dimasukkan di kapal sekaligus,” kata dia.

Muhadjir menuturkan, pemerintah akan memberangkatkan mudik gratis dalam beberapa gelombang mulai 5 April 2024.

Ia menyebutkan, mudik gratis akan diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, maupun sejunlah kementerian teknis.

Saya pada kesempatan ini juga mengimbau agar perusahaan-perusahaan swasta, kemudian organisasi-organisasi kemasyarakatan juga bisa membantu program mudik gratis ini,” kata Muhadjir.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan, pihaknya menyediakan 10.000 armada bus untuk program mudik gratis tahun ini. Pendaftaran mudik gratis dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat.

Mudik gratis ini kita angkut kendaraannya juga, jadi pemudik tidak perlu khawatir kendaraannya ditinggal di tempat asal,” kata Hendro.

Lebih lanjut, Hendro menjelaskan bahwa program mudik gratis tahun ini akan difokuskan pada beberapa daerah tujuan mudik utama, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Kita prioritaskan daerah tujuan mudik utama, tapi kita juga akan pertimbangkan daerah-daerah lain yang memang banyak pemudiknya,” kata Hendro.

Pemerintah juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran program mudik gratis tahun ini.

Kita ingin mudik tahun ini berjalan lancar, aman, dan nyaman bagi seluruh pemudik,” kata Muhadjir.

Berikut beberapa poin penting terkait program mudik gratis tahun 2024:

  • Pendaftaran mudik gratis dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat.
  • Program mudik gratis akan dimulai pada tanggal 5 April 2024.
  • Pemerintah menyediakan 10.000 armada bus untuk mudik gratis.
  • Kendaraan pemudik juga akan diangkut dalam program mudik gratis.
  • Program mudik gratis difokuskan pada beberapa daerah tujuan mudik utama.
  • Pemerintah terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran program mudik gratis.

Peningkatan Layanan Mudik Gratis 2024:

  • Penambahan Kuota: Kemenhub telah menambah kuota mudik gratis tahun ini menjadi 58.594 penumpang dan 17.880 sepeda motor. Peningkatan ini diharapkan dapat mengakomodasi lebih banyak pemudik yang ingin memanfaatkan program ini.
  • Pengangkutan Kendaraan Roda Dua: Pada tahun ini, pemerintah juga menyediakan layanan pengangkutan kendaraan roda dua bagi para pemudik yang menggunakan program mudik gratis. Hal ini tentu sangat membantu pemudik yang tidak ingin meninggalkan kendaraannya di tempat asal.
  • Perluasan Jangkauan Rute: Jangkauan rute mudik gratis tahun ini juga diperluas, sehingga lebih banyak daerah yang dapat dijangkau oleh program ini.
  • Peningkatan Kualitas Layanan: Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas layanan mudik gratis, seperti menyediakan armada bus yang lebih nyaman dan aman, serta memperketat standar pelayanan.

Manfaat Mudik Gratis:

  • Mencegah Kemacetan: Mudik gratis membantu mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya, sehingga dapat mencegah kemacetan yang parah selama mudik Lebaran.
  • Meningkatkan Keselamatan: Mudik gratis menggunakan kendaraan yang lebih aman dan terawat dapat membantu meningkatkan keselamatan pemudik.
  • Memudahkan Pemudik: Mudik gratis menyediakan layanan yang lengkap, sehingga memudahkan pemudik untuk pulang kampung.
  • Menghemat Biaya: Mudik gratis dapat membantu pemudik menghemat biaya perjalanan pulang kampung.

Imbauan kepada Masyarakat:

Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis yang telah disediakan. Masyarakat dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi Mitra Darat atau website resmi Kemenhub.

Mudik gratis merupakan solusi yang tepat untuk membantu masyarakat yang ingin pulang kampung dengan aman dan nyaman. Program ini juga diharapkan dapat membantu mengurangi beban lalu lintas dan risiko kecelakaan selama mudik Lebaran.

Pos terkait